Hewan Peliharaan – Hamster

143 views

Hamster adalah hewan pengerat yang mempunyai kantung besar di pipi untuk tempat makanan.
Hamster adalah hewan yang bentuknya mirip seperti tikus. Hamster mini yang bentuk tubuhnya kecil dan tingkah lakunya lincah membuat hewan ini menjadi hewan peliharaan yang populer.


BENTUK TUBUH

Hamster adalah hewan pengerat yang mempunyai kantung besar di pipi untuk tempat makanan. Hewan ini mempunyai bulu tebal, dengan ekor pendek. Panjangnya bisa mencapai 30 cm. Hamster dibagi menjadi tiga:

1. Hamster perut hitam (Cricetus cricetus). Bulunya yang unik ini sering digunakan untuk baju.

2. Hamster keemasan (Mesocricetus).

3. Hamster kerdil (Phodopus).

Hamster mempunyai badan gemuk, dengan ekor yang lebih pendek daripada badan-nya dan memiliki telinga yang berbulu, kaki yang lebar dan pendek gemuk. Hamster memiliki bulu yang tebal dan panjang, dan bulunya memiliki berbagai warna bergan-tung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah. Bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam.

TAHUKAH KAMU…
Hamster kerdil padang pasir (ge – nus Phodopus) adalah hamster terkecil, dengan panjang badan 5 sampai 10. cm, sedangkan hamster terbesar adalah ham – ster Eropa (Cricetus cricetus), dengan panjang badan lebih dari 34 cm tidak termasuk ekor pendek yang memiliki panjang 6 cm.

TEMPAT TINGGAL

Eropa dan Asia adalah tempat tinggal dari hewan ini. Hamster khususnya menyukai daerah padang rumput, dataran, dan gurun pasir Asia Tengah. Hewan ini menggali lubang 1-1,5 m di bawah permukaan tanah untuk tempat tinggalnya. Lubang atau liang ini dibagi menjadi beberapa ruangan. Salah satu ruangan digunakan hamster untuk tempat menyimpan makanannya.

MAKANAN

Biji sereal adalah makanan utama hewan ini. Hamster adalah hewan yang berhibernasi, tetapi bukan hibernasi sejati karena di musim dingin hamster tidak tidur panjang, tetapi sesekali bangun untuk makan.

PERKEMBANGBIAKAN
Hamster jantan memiliki testis yang besar sesuai dengan ukuran tubuhnya. Hamster betina memiliki 2 lubang tertutup bersama, sementara hamster jantan memiliki genital dan anal membuka lubang tersebut.
Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung dari spesiesnya, tetapi hal ini bisa dilakukan pada usia 1 bulan sampai 3 bulan. Musim pengembang-biakan terjadi pada bulan April sampai Oktober, dengan 1 sampai 13 anak lahir setelah kehamilan 13 sampai 22 hari. Hamster bisa melahirkan 18 ekor anak sekali lahir. Anak-anak hamster ini setelah 2-3 minggu mulai disapih dari induknya dan dalam waktu tidak begitu lama, akan membangun liangnya sendiri.

Tags: #hamster #hewan peliharaan