Hewan Peliharaan – Kucing

121 views

Kucing adalah hewan mamalia yang biasa kita temukan di rumah, jalan, pasar, dan di mana saja. Hewan peliharaan yang cantik, manis, dan menarik ini berasal dari kucing liar Afrika, abad 8000 SM, Felis silvestris lybica circa.

BENTUK TUBUH

Kucing mempunyai 7 tulang servikal, 13 tulang toraks, 7 tulang lumbar, 3 tulang sakral, dan 22 atau 23 tulang kaudal. Tulang kaudal membentuk ekor yang digunakan kucing untuk keseimbangan sewaktu bergerak cepat. Kucing juga mempunyai tulang klavikula yang mengambang bebas sehingga bisa menerobos celah ukuran apa pun asalkan celah ini muat dilewati kepalanya.
Telinganya mempunyai 32 otot sehingga kucing bisa mengarah-kan telinga ke kanan sementara badannya menghadap ke kiri. Telinga kucing biasanya ke atas, jarang yang menggantung ke bawah. Kalau marah, telinganya tegak ke atas, atau ke belakang jika ia menyimak bunyi dari belakang atau ingin mengajak bermain. Jadi, gerakan telinganya membuat kita tahu apa yang diinginkan hewan ini.
Kebanyakan kucing mempunyai lima cakar di kaki depan dan empat atau lima di kaki belakang. Akan tetapi, kucing rumah bisa saja mempunyai enam atau tujuh jari kaki kar-ena proses mutasi. Kaki tambahan ini letaknya di bagian dalam pergelangan kaki, mencegah kucing terpeleset waktu meloncat. Cakar kaki depan biasanya lebih tajam daripada kaki , belakang. Kucing memakai cakar untuk memburu mangsanya, me-manjat, menarik, dan mempertahankan diri.

Hewan ini mempunyai pendengaran, penglihatan, pengecapan, dan sentuhan yang tajam sehingga disebut hewan paling peka di antara semua hewan mamalia lainnya. Mata kucing jauh lebih tajam di malam hari dibanding manusia meskipun di

Kucing memiliki lebih banyak tulang dibandingkan manu-sia. Kucing memiliki lebih dari 230 tulang, sedangkan manusia hanya memiliki 206 tulang.

 

siang hari mata manusia lebih tajam daripadanya. Pendengaran kucing dan manusia sama tajamnya untuk nada rendah, tetapi kucing bisa mendengar lebih baik untuk nada tinggi sampai 64 kHz, atau 16 oktaf lebih tinggi dari pendengaran manusia, dan 1 oktaf lebih tinggi dari anjing. Kucing mempunyai kumis yang bisa bergerak yang membantu mengarahkan gerakan dan pengecapan. Indra penciuman kucing juga empat belas kali lebih tajam daripada manusia.


Berat badan kucing umumnya 2,5-7 kg. Giginya tajam seperti gunting untuk menyobek makanannya. Lidahnya mempunyai tonjolan kecil dan runcing yang disebu_t papila, untuk menahan dan menguliti daging dari tulangnya. Bunyi meong, “…err”, “…sst”, …”grr” digunakan kucing untuk menunjukkan perasaannya, yaitu senang, jengkel, marah, dan ingin dimanja.
Kucing adalah hewan yang tidurnya paling lama, yaitu 12-16 jam sehari, malahan ada yang tidur 20 jam. Watak binatang ini bergantung pada jenisnya. Kucing yang tubuhnya ramping biasanya lebih aktif daripada yang besar dan berat.

MAKANAN

Kucing adalah hewan karnivora. Sistem pencernaannya kurang mampu memproses tumbuhan karena ususnya pendek sehingga hanya efisien mencerna protein dan lemak hewan. Badan kucing juga tidak bisa memproduksi taurin. Kekurangan taurin menyebab-kan degenerasi makular yang mengakibatkan kebutaan. Taurin ba-nyak terdapat dalam daging, jadi secara naluri, kucing akan mencari daging untuk bertahan hidup.

MENGAPA KUCING SUKA MAKAN RUMPUT?
Meskipun kucing makan daging, ia juga suka makan rumput dan dedaunan terutama ketika perutnya terganggu dan sekaligus untuk mendapatkan serat atau mineral. Pemilik kucing harus berhati-hati dengan tanaman Lili karena dapat menyebabkan kerusakan hati pada kucing.

  • WASPADA

    • Obat penurun panas parasetamol yang dijual dengan merek Panadol atau Tylenol.
    • Obat ini sangat berbahaya untuk kucing karena kucing kurang mempunyai enzim untuk mencerna obat ini.
    • Aspirin
    • Kapur barus
    • Cairan pembersih lantai yang mengandung fenol, seperti Dettol, lisol, Pine-Sol.

Tags: #hewan peliharaan #kucing