Hewan Peliharaan – Kuda

131 views

Kuda, mamalia darat berbadan besar yang terkenal akan kecepatan, kekuatan, dan daya tahannya. Sejak dahulu, kuda menjadi hewan peli-haraan penting yang digunakan manusia, baik untuk pertanian maupun olahraga. Sifatnya yang ramah, suka bersosialisasi dan nalurinya yang kuat membuat hewan ini mampu mematuhi dan berteman dengan manusia.

BENTUK TUBUH

Kepala kuda terdiri atas kranium yang membungkus otak berukuran besar dan wajah yang mempunyai moncong panjang. Moncong yang berupa mulut dan hidung membuat mulut terpisah cukup jauh dari mata sehingga kuda dapat melahap makanan sambil sekaligus mengamati adanya bahaya.
Dari semua mamalia darat, kuda mempunyai mata paling besar. Letaknya yang menonjol dari samping kepala membuat kuda bisa melihat ke belakang meskipun kepalanya menghadap ke depan. Di malam hari, penglihatan kuda sangat tajam, tetapi kemampuan membedakan warnanya terbatas, yaitu hanya bisa menangkap warna merah dan biru dan tidak bisa membedakan hijau dengan abu-abu.
Kuda mempunyai gigi dan rahang yang kuat untuk menggiling dan memecah serat. Gigi kuda tumbuh terus-menerus mengganti-kan bagian yang aus. Kuda jantan mempunyai 40 gigi sementara betina hanya 36. Antara gigi seri dan geraham ada celah tempat makanan diletakkan. Hidung kuda yang besar bisa menutup saat kondisi berangin dan berdebu. Telinganya yang besar bisa digerakkan untuk menangkap bunyi dari berbagai arah. Leher kuda panjang dan lentur, dadanya lebar tempat jantung dan paru,d a n punggungnya berotot tempat organ pencernaan dan reproduksi. Ekor kuda yang panjang dan bergerak-gerak berfungsi membuat bagian belakang tubuhnya tetap hangat dan mengusir serangga yang mengganggu.

Kuda mempunyai tungkai kaki yang sangat panjang, tetapi sangat ringan. Sendi engsel di kaki membuat hewan ini hanya bisa menggerakkan kaki ke depan dan belakang. Perpaduan ini membuat kuda bisa berlari dengan kecepatan maksimal 70 km/jam dengan hanya mengeluarkan sedikit tenaga.
Kuda mempunyai kulit berbulu, surai, dan ekor. Di musim dingin, bulu ini menjadi tebal, yang kemudian rontok di musim panas. Warna bulunya bermacam-macam bisa hitam, cokelat, abu-abu, krem, emas, dan putih. Warna surai dan ekor bisa sama atau berbeda dengan warna tubuhnya. Ukuran dan bentuk tubuh kuda bermacam-macam. Umumnya, kuda pacuan tingginya 140-160 cm dengan berat 400-500 kg.

TEMPAT TINGGAL

Kuda liar yang menjadi asal dari kuda peliharaan masa kini berevolusi jutaan tahun lalu di Amerika Utara dan menyebar ke Amerika Selatan, menyeberangi tanah yang menghubungkan Amerika Utara dengan Asia dan Eropa pada zaman es. Kuda przewalski (E.quus caballus przewalskii) adalah satu-satunya kuda liar sejati yang masih hidup zaman ini. Kuda ini dinamakan sesuai dengan penemunya Nikolay Przewalski, seorang peneliti Rusia. Kuda umumnya tinggal di tempat terbuka, kecuali kuda pacuan dan pameran yang tinggal di istal sepanjang hari. Istal harus dilengkapi dengan serbuk gergaji atau jerami dan harus dibersihkan setiap hari. Kuda juga harus divaksin setahun sekali agar terhindar dari tetanus, rabies, influenza, dan demam Potomac.

MAKANAN

Jumlah makanan yang dibutuhkan kuda bervariasi menurut aktivitasnya. Selain rumput, kuda juga diberi jerami dan makanan tambahan untuk menjaga berat badan dan kesehatannya.
PERKEMBANGFY,WAN Kuda mencapai kematangan seksual pada usia 1,5 tahun. Siklus seksual kuda betina lamanya 21 hari. Pada 5 hari pertama, kuda betina biasanya mencari pasangan. Masa kehamilan kuda 11 bulan. Kuda melahirkan satu atau kadang-kadang dua anak.

TAHUKAH KAMU…

Kuda terkecil adalah Falabella, kuda mini yang tingginya hanya 48 cm dan beratnya 14 kg. Sementara kuda terbesar adalah kuda Belgia yang tingginya 180 cm dan beratnya 1.450 kg.

Tags: #hewan peliharaan #kuda