Mengenal Hewan Buas – Badak

115 views

Badak
Rhinoceros atau badak adalah nama umum untuk kelima spesies mamalia yang mempunyai satu atau dua cula di kepalanya ini. Istilah rhinoceros berasal dari kata Yunani, rhino yang artinya “hidung” dan keras yang artinya “tanduk”. Jadi artinya hewan yang bertanduk di hidungnya.
Badak sering dianggap sebagai hewan yang agresif dan bodoh, tetapi sesungguhnya tidak benar. Badak India dan badak hitam memang sering menyerang manusia, tetapi badak putih lebih tenang meskipun ukurannya besar. Badak adalah hewan yang suka menyendiri. Ukuran tubuhnya hanya bisa diungguli oleh gajah dan hipopotamus. Badak dibagi menjadi: Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) berwarna abu-abu dan cokelat kemerahan. Badak ini adalah jenis yang terkecil dan terkhas. la adalah satu-satunya di Asia yang bercula dua. Cula depan lebih panjang, sementara cula belakang sangat pendek sehingga seolah-olah hanya bercula satu.

Gambar Hewan badak

Tubuh Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) hampir mirip dengan badak India. Badak ini bercula dua dengan panjang 25 cm. Kulit berwarna abu-abu cokelat serta tidak berbulu. Beratnya 2000 kg. Badak betina lebih besar daripada yang jantan, tetapi sering kali tidak mempunyai cula.

Badak Afrika. Baik putih (Ceratotherium simum) maupun hitam (Diceros bicornis) mempunyai dua cula yang besar, bahkan beberapa badak hitam mempunyai bakal cula ketiga. Badak Afrika putih adalah yang terbesar. Cula depan dua kali lebih besar. Badak Afrika hitam berdahi lebih runcing dan cula depan terletak sedikit lebih ke belakang.
Badak India (Rhinoceros unicornis). Badak ini mempunyai bentuk tubuh mirip badak Jawa, sama-sama berkulit abu-abu cokelat dan tidak berbulu. Cula badak India panjangnya 50 cm. Panjang Iubuhnya 1,8 m dan beratnya 2200 kg.

 

BENTUK TUBUH

Cula badak tersusun dari serat keratin. Berbeda dengan kijang, cula badak tidak mempunyai tulang dan tertanam di dalam kulit bukan di tulang rangka. Oleh karena itu, cula badak bisa bertumbuh terus seumur hidupnya. Cula dapat berukuran kecil hingga besar. Cula berfungsi untuk membela diri. Selain itu, untuk mencari makan.
Kaki badak besar dan lurus. Penglihatannya buruk, tetapi penciuman dan pendengarannya tajam. Meskipun tampak lamban, badak bisa berputar dengan cepat bila menghadapi bahaya. Jika terancam, ia bisa berlari sejauh 50 km/jaT. Kepala badak lonjong dengan mata kecil dan terletak di samping sehingga ia harus memutar kepalanya ke satu sisi dan kemudian ke sisi satunya untuk melihat yang ada di depannya.

Badak hampir tidak mempunyai gigi depan, tetapi gerahamnya sangat tajam. Bibir atasnya runcing dan digunakan untuk menarik daun dan ranting, kecuali badak putih yang bibir atasnya lebar sehingga bisa menampung rumput liar dalam jumlah besar.

TEMPAT TINGGAL

Di Asia, badak hidup di hutan tropis Sumatra dan Jawa yang lebat. Badak Sumatra bisa ditemukan juga di Asia Selatan, khususnya Malaysia. Badak Jawa hanya ada di Indonesia dan Vietnam. Selain itu, badak juga tinggal di India, Pakistan, dan Nepal. Di Afrika, badak putih maupun hitam tinggal di dataran hutan yang terbuka.


MAKANAN
Badak Asia makan daun, ranting, dan buah, sedang-kan Badak Afrika putih makan rumput. Badak Afrika hitam lebih suka makan daun dan ranting.

PERKEMBANGBIAKAN

Badak betina memasuki masa kawin di usia 5 atau 6 tahun, sementara jantan pada usia 7 dan 8 tahun. Badak biasanya melahirkan 1 anak setelah masa kehamilan 15-18 bulan. Anak badak tinggal bersama induknya sampai induk melahirkan lagi.


TAHUKAH KAMU…

Cula badak terpanjang ditemukan pada badak putih di Afrika selatan, yang mempunyai cula hampir 1,6 m.