Mengenal Hewan Buas – Beruang

138 views

Mengenal Hewan Buas – Beruang

Beruang adalah hewan termuda dari family karnivora. Berasal dari anjing selama zaman Eocen Epoch, 55-38 juta tahun yang lalu. Beruang dibagi menjadi delapan spesies:
1. Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca).

2. Tremarctos ornatus. Disebut juga beruang Andean, dan merupakan beruang asli Amerika Selatan. Panjangnya 1,8 m dengan berat 62-154 kg. Hewan ini memakan hewan mamalia kecil, burung, rumput, dan buah.

3. Ursus Malayanus. Bulu di dadanya be rwarna kuning emas. Panjangnya 1,5 m dan berat 27-66 kg. Hidup di Burma dan Sumatra serta merupakan beruang yang paling kecil badannya.

4. Melursus ursinus (beruang madu). Warna bulunya hitam, kadang-kadang cokelat kemerahan atau merah dengan bulu bagian dada lebih muda. Panjangnya 1,8 m dengan berat 54-140 kg. Bibir-nya yang tidak berbulu dan moncongnya yang lentur membuat beruang ini suka memakan semut dan rayap.

5. Beruang hitam Asia (Ursus thibetanus). Diisebut beruang bulan karena mempunyai bercak putih di dada. Disebut juga beruang Himalaya, beruang Tibet, dan beruang hitam Jepang. Panjangnya 1,6 m dan berat 200 kg. Makanannya buah dan kacang.

6. Beruang hitam Amerika (Ursus americanus). Hidup di Amerika Utara, Alaska, Kanada dan pegunungan bagian utara Meksiko. Beruang ini panjangnya 1,8 m dengan berat 40-300 kg. Hewan ini umumnya vegetarian. Subspeciesnya beruang Kermode (Ursus americanus kermodei).

7. Beruang cokelat (Ursus arctos). Punuk di pundaknya membedakan beruang ini dengan spesies lain. Hidup di hutan tundra, hutan lebat, dan gurun pasir. Berat beruang cokelat 90-800 kg. Beruang grizzly dan beruang cokelat Alaska (Ursus arctos horribilis) serta beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi) merupakan subspesiesnya. Beruang cokelat dewasa ini hampir tidak lagi ditemukan.

8. Beruang kutub (Ursus maritimus). Salah satu spesies terbesar dengan panjang 2 m dan berat 800 kg. Hewan ini sangat mahir berenang.

BENTUK TUBUH

Beruang mempunyai 32-42 gigi, bergantung pada spesiesnya. Hewan ini juga memiliki empat cakar yang lebar. Setiap cakar dilengkapi lima kuku yang tajarn dan panjang untuk memanjat pohon, menyobek sarang rayap dan sarang lebah, menggali akar, atau menangkap mangsa. Beruang dapat berlari dengan kecepatan 50 km/jam, gerakannya lentur dan lincah. Hewan ini jauh lebih kuat dibanding karnivora lainnya. Warna bulunya yang panjang dan tak teratur, bermacam-macam dari putih semua, hitam-putih, sampai hitam atau cokelat semua. Beruang jantan lebih besar dari betina. Umur beruang mencapai 25-40 tahun.

TEMPAT TINGGAL

Beruang hidup di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia. Habitatnya meliputi pegunungan, hutan, dan kutub utara.

MAKANAN

Meskipun beruang termasuk ordo karnivora, kecuali beruang kutub, beruang bisa disebut sebagai omnivora, yaitu pemakan segala, termasuk kacang, buah, rumput laut, madu, kupu-kupu, rayap, dan semut.

PERKEMBANGBIAKAN

Beruang yang tinggal di negara empat musim biasanya memasuki masa kawin pada musim semi setelah bangun dari tidur musim dingin (hibemasi). Sementara beruang yang tinggal di negara tropis kawin di musim panas. Setelah melalui kehamilan 7-9 bulan, beruang biasanya melahirkan 1-3 ekor anak.

TAHUKAH KAMU…

Meski dianggap hewan buas, beruang adalah hewan yang pemalu, mudah terkejut, dan takut. Beruang mempunyai pendengaran dan penciuman yang tajam. Penglihatan hewan ini juga sama tajamnya dengan manusia dan bisa membedakan warna.