Mengenal Hewan Buas – Serigala

132 views

Hewan Buas Serigala

Serigala adalah hewan karnivora. Ada hubungan antara serigala dan anjing, tetapi ada ciri-ciri pada tengkorak yang membedakan kedua hewan ini, antara Iain semua serigala mempunyai gigi yang tajam, ekor lebat, dan pupil bulat.

Serigala terbagi menjadi dua spesies:

1. Serigala abu-abu (Caris lupus).

2. Serigala merah (Caris rufus).

BENTUK TUBUH

Serigala abu-abu dewasa panjangnya 2 m, dihitung dari kepala sampai ke ekor dan beratnya 80 kg. Bulu serigala abu-abu berwarna kuning-merah atau kuning-abu-abu dengan bercak hitam pada bagian punggung dan bagian samping, serta putih di daerah dada dan perut. Serigala abu-abu ada juga yang mempunyai warna bulu hitam atau abu-abu cokelat. Serigala merah badannya lebih kecil dan warnanya lebih gelap.

Tempat Tinggal

Serigala hidup di padang prairi dan hutan, tetapi hewan ini tidak menyukai daerah pegunungan tinggi. Tempat perlindungan atau rumah hewan ini adalah gua, lubang pada batang pohon, semak-semak yang lebat, atau lubang yang digalinya di tanah. Sebagai hewan langka yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin menyusut akibat perburuan yang dilakukan manusia, serigala abu-abu hanya bisa ditemukan di Kanada, Alaska, bagian utara Eropa, Rusia, dan sejumlah kecil di Pasifik barat daya serta Minnesota. Sementara serigala merah hanya bisa ditemukan di Texas dan Amerika Serikat bagian tenggara.

MAKANAN

Hewankecil dan burung adalah makanan serigala. Hewan ini kadang-kadang juga memburu kijang, domba, dan mamalia besar lainnya, tetapi serigala sengaja memilih hewan yang lemah, tua, atau masih sangat muda sehingga mudah ditangkap. Pada kondisi sulit mendapat sumber makanan, serigala juga makan daging binatang yang sudah mati atau buah beri.

PERKEMBANGBIAKAN

Serigala betina melahirkan 1-10 ekor anak. Induk serigala sering memuntahkan makanan yang sudah setengah dicerna untuk memberi makan anak-anaknya. Serigala adalah hewan yang senang tinggal berkelompok. Bersama-sama, mereka akan menandai batas tentorinya dengan air kencing dan menjaga agar tidak dimasuki oleh kelompok lain.
Serigala menggunakan raungannya untuk mengumpulkan anggota kelompok yang tercecer, berkomunikasi dengan kelompok atau hanya mengungkapkan kepuasan. Serigala juga menggunakan penglihatan dan bau untuk saing berkomunikasi.

TAHUKAH KAMU… Serigala abu-abu yang tinggal di utara seluruh bulunya berwarna putih.